Sesuai dengan instruksi Undang-Undang No. 23 tahun 2006 mengenai Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri—baik untuk menetap, belajar, singgah, wisata, bekerja, maupun lainnya—dianjurkan untuk melaporkan diri di perwakilan Republik Indonesia terdekat. Dengan demikian, mahasiswa pun tidak terkecuali dari instruksi tersebut.

Pelaporan diri ini memiliki manfaat yang cukup besar, ia akan memudahkan perwakilan Republik Indonesia apabila suatu hari terjadi masalah menimpa WNI di luar negeri. Bagi WNI yang tinggal di area New South Wales, Queensland, serta South Australia, pelaporan diri bisa dilaksanakan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney di 236-238 Maroubra Road, suburb Maroubra. Lokasi ini cukup dekat dari University of New South Wales. Bagi yang berangkat dari Central Station, kita bisa naik bus berkode 393 dari Stand C lalu turun di halte Anzac Parade near Green Street. Kantor KJRI terletak kira-kira 500 meter atau kurang lebih 5 menit berjalan kaki.

Saya melaporkan diri pada 22 April 2016, hitungannya agak terlambat karena saya sudah ada di Australia sejak 20 Februari. Sebaiknya kita melakukan proses lapor diri sesegera mungkin agar data kita bisa segera direkam oleh petugas KJRI.

Proses lapor diri terbilang sangat mudah. Pertama-tama, kunjungi situs resmi KJRI Sydney di www.kemlu.go.id/sydney lalu pilih tautan “Lapor Diri Online”. Setelah itu, kita akan dibawa ke halaman registrasi agar kita bisa melengkapi semua data yang dibutuhkan. Oh iya, berhubung proses pelaporan diri mengharuskan kita mencantumkan alamat, pastikan bahwa alamat yang kita tuliskan bukan tempat tinggal jangka pendek seperti hotel atau homestay. Paling tidak, alamat yang tercantum adalah yang akan kita tinggali untuk satu semester ke depan. Setelah semuanya terisi, kita perlu mencetak bukti pengisian formulir dan melampirkan foto terbaru berukuran 4×6 untuk dibawa ke KJRI.

Proses perekaman data berlangsung relatif singkat, tidak sampai setengah jam. Ketika semua urusan beres, KJRI akan menempelkan label yang bertulikan alamat kita di Sydney lalu mencap paspor kita. Setelah itu, kita bisa meneruskan kehidupan di Sydney dengan tenang.

Lapor Diri

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *